TIK

10 Oktober 2009 pkpgsdunsc709

  1. A. PENGERTIAN KOMPUTER

Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda. Istilah komputer diambil dari bahasa latin computare yang berarti menghitung. Berikut adalah bebrapa definisi tentang komputer :

  1. Menurut V.C Hamacher Z.G Vranesic dan S.G Zaky dalam computer organization, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya ( stored program ), dan menghasilkan output informasi.
  2. Menurut Donal H. Sanders dalam Computer Today, komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).
  3. Menurut Robert H. Blissmer dalam Computer Annual, komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan tugas sebagai berikut :
    1. Menerima input.
    2. Memproses input tadi sesuai dengan programnya.
    3. Menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan.
    4. Menyediakan output dalam bentuk informasi.

Dari beberapa definisi komputer di atas, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah  :

  1. Alat elektronik
  2. Dapat menerima input data
  3. Dapat mengolah data
  4. Dapat memberikan informasi
  5. Menggunakan suatu program yang tersimpan di memory komputer (stored program)
  6. Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
  7. Bekerja secara otomatis

Atau alat yang dipakai untuk mengolah data menjadi informasi menurut prosedur yang telah ditentukan.

  1. B. DATA DAN INFORMASI DALAM TEKNOLOGI INFORMASI

Dalam Ilmu Teknologi dan Informasi, kita akan dihadapkan pada data dan informasi.Semakin banyak data yang terkumpul semakin banyak pula informasi yang  dipunyai atau sebaliknya.

Data adalah segala sesuatu yang dapat diterima atau diolah oleh komputer. Data dapat berupa huruf, angka, letak, dan sebagainya. Tujuan dari kegiatan penyusunan data ini adalah untuk mendapatkan informasi secara cepat dan akurat. Sedangkan informasi adalah data data yang telah tersusun rapi sehingga memiliki makna. Informasi dapat juga diartikan sebagai suatu hasil kegiatan pengolahan data yang lebih berarti dari suatu kejadian, keadaan, atau suatu peristiwa yang masih berbentuk data mentah.

Data  :

  1. Berupa sekumpulan fakta.
  2. Dapat berupa teks, gambar, suara,video.
  3. Belum memiliki nilai guna.

Informasi  :

  1. Berupa sekumpulan data
  2. Dapat berupa teks, gambar, suara,video.
  3. Sudah memiliki nilai guna / arti.

  1. C. KOMPONEN SISTEM KOMPUTER
  2. Pemakai ( User atau Brainware )

Pemakai dalam hal ini adalah orang yang mengoperasikan komputer.

  1. Perangkat keras ( Hardware ).
  2. Perangkat Lunak ( Software ).
  1. D. HARDWARE DAN SOFTWARE
  2. HARDWARE

Hardware merupakan perangkat keras yang ada pada pada sitem komputer. Berikut ini adalah bagian-bagian hardware

  1. Alat input (masukan)
  2. Alat proses
  3. Alat penyimpanan
  4. Alat output (pengeluaran)

Di bawah ini akan dijelaskan tentang hardware komputer.

  1. a. Input (masukan).

Alat input atau input device adalah perangkat keras yang berguna untuk memasukan data

ke komputer. Data itulah yang selanjutnya akan diproses. Di dalam perangkat ini terdapat

sinyal input maupun sinyal maintenance. Sinyal input berupa data-data, baik yang berupa

huruf, angka, gambar, maupun suara yang dimasukkan ke dalam sistem komputer. Sinyal maintenance berupa program untuk mengolah data yang dimasukkan.  Dengan demikian,

alat   input   berfungsi   untuk  memasukkan   data   dan  memasukkan   program.   Berikut   ini contoh-contoh alat input :

(1)   Keyboard

Keyboard adalah perangkat input berbentuk papan ketik yang memiliki tuts atau tombol

huruf,   tombol  angka,   tombol  karakter  khusus,  dan  tombol   fungsi.  Keyboard merupakan alat   input  utama dalam sistem komputer karena hampir semua  instruksi  komputer dapat kita inputkan melalui keyboard. Ada beberapa jenis keyboard yang biasa kita temui, antara lain keyboard 83 tombol, 101 tombol, 102 tombol, 104 tombol, dan 109 tombol.

(2)   Mouse

Mouse sangat penting peranannya dalam sistem komputer yang berbasis GUI (Graphical

User Interface), antarmuka yang terdapat pada sebagian besar komputer masa kini. Mousedigunakan sebagai alat untuk menunjuk dan menjalankan perintah pada menu-menu yangtampak pada  layar  monitor.  Alat   ini  memiliki  dua  tombol  klik dan  satu  tombol   scroll.Tombol   kiri   biasanya   digunakan   sebagai   tombol   perintah,   sedangkan   tombol   kanan digunakan   sebagai   tombol   shortcut.  Tombol   scroll   digunakan untuk  menggulung  layar sehingga kita dapat berpindah halaman secara cepat.

(3)   Joystick

Joystick   digunakan   untuk   memasukkan   perintah   pada   saat   kita   menjalankan   game komputer. Bentu joystick menyerupai sebuah   tongkat   yang   dapat   kita   gerakkan   ke beberapa arah, dan dilengkapi dengan tombol-tombol di bagian atas.

(4)   Trackball

Trackball memiliki  fungsi  sama seperti  joystick,  yaitu untuk memasukkan perintah pada saat  kita memainkan game komputer. Pada alat   ini  terdapat  bola berukuran cukup besar sehingga mudah digerakkan saat bermain game.

(5)   Scanner

Scanner adalah alat untuk memindai atau menyalin dokumen tercetak seperti gambar, foto, atau tulisan menjadi data digital yang dapat diproses oleh komputer.

(6)   Barcode Reader

Barcode reader adalah alat yang bekerja seperti scanner, yakni memindai barcode sehingga barcode   tersebut   dapat   dibaca   oleh   komputer.

(7)   Microfon

Mikrofon berfungsi untuk memasukkan data berbentuk suara ke dalam komputer.

(8)   Touch Screen

Touch screen atau layar sentuh adalah alat masukan yang memungkinkan kita memasukkan data maupun instruksi ke komputer melalui sentuhan.

(9)   Kamera video

Kamera video atau sering disebut  camcorder adalah alat  untuk merekam objek bergerak hingga menjadi file video atau film. Camcorder termasuk alat input. Hasil rekaman dapatditransfer  ke komputer  dan diolah dengan perangkat   lunak khusus.  Hasilnya kemudian dapat kita salin ke cakram CD atau DVD.

(10)                       Kamera Foto

  1. Alat Proses

Proses  kerja komputer  merupakan  satu  rangkaian kerjasama antar  beberapa komponen.

Kinerja komputer   tidak ditentukan atau didominasi  oleh suatu alat,  namun paduan dari

sejumah komponen. Di bawah ini adalah alat-alat proses yang digunakan oleh komputer

untuk mengolah data.

(1) Prosessor

Processor adalah alat utama yang berfungsi mengolah data secara digital. Prosessor sering dijuluki     otak   komputer.   Di   Indonesia,  kita  mengenal  beberapa  merek prosessor,  di   antaranya Intel, AMD (Advanced Micro Device), PowerPC, dan Cyrix.

(2) RAM ( Random Access Memory )

RAM adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses seketika tanpa mempedulikan   letak   data   tersebut   dalam memori.

(3) Mainboard

Mainboard merupakan papan  elektronik untuk meletakkan  berbagai  macam komponen komputer seperti prosessor, RAM, dan komponen lain. Meskipun mainboard tidak secara langsung   tergolong   sebagai   alat   proses,   namun   keberadaannya   sangat   penting   dalam komputer.

(4) Kartu VGA ( Video Graph Array )

Kartu VGA atau VGA card adalah komponen komputer yang berfungsi menghubungkan

mainboard dengan monitor.  Alat   ini  berfungsi  memproses  tampilan pada  layar  monitor.

(5) Kartu Suara ( Sound Card )

Kartu suara atau sound card adalah komponen komputer yang berfungsi mengolah suara.Alat   ini  dapat  digunakan sebagai  alat   input,  alat  proses atau alat  output.

  1. Alat Penyimpanan

(1) Hard Disk ( Cakram Keras )

Harddisk atau harddrive adalah media penyimpanan yang  terletak di  dalam kotak CPU. Alat   ini  memiliki  piringan keras yang  terbuat  dari   logam di  dalamnya sehingga disebut cakram keras. Harddisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson, pada 1956.

(2) CD/DVD-ROM

CD/DVD-ROM adalah alat yang digunakan untuk membaca cakram CD atau DVD.

(3) USB Flash Disk

Media   penyimpanan  USB  flashdisk   lebih   populer   disebut   flashdisk.  Bentuknya   kecil dengan port  USB di  ujungnya untuk menghubungkan diri  dengan komputer.

(4) Disket

Disket  merupakan media  penyimpanan data  yang  terbuat  dari   cakram magnetik  lentur (floopy).  Kapasitasnya  yang kecil,  yakni  1,44 MB.

(5) Optical Disk

Optical   disk   atau   yang   sering   disebut  CD  atau  DVD merupakan  media   penyimpanan berbentuk cakram berdiameter 120 mm dengan lubang berdiameter 15 mm di tengahnya. Secara fisik, CD dan DVD sangatlah mirip. Namun kapasitas penyimpanan data keduanya terpaut jauh. CD hanya mampu menyimpan data hingga 700 MB, sedangkan DVD mampu menyimpan data hingga 4,7 GB, bahkan 17 GB.

  1. d. Alat Output

Informasi  yang  telah diproses oleh komputer ditampilkan kepada pengguna melalui  alat

output.  Beberapa   alat   output   yang   banyak   digunakan   dalam  sistem  komputer   adalah sebagai berikut.

(1)   Monitor

Monitor  adalah alat  output  utama dalam sistem komputer  yang berfungsi  menampilkan perintah maupun hasil  pengolahan data secara  langsung.

(2)   Printer

Printer adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan data dalam bentuk cetakan. Hasil cetakan dapat  berupa  teks,  angka,  maupun gambar.

(3)   Proyektor LCD

Proyektor LCD adalah alat yang berfungsi menampilkan objek yang dihasilkan komputer

ke bidang lain yang lebih besar, misalnya layar presentasi atau tembok. Alat ini biasanya

digunakan   sebagai   alat   bantu   saat   presentasi   dan   rapat   maupun   sebagai   media pembelajaran.

(4)   Speaker

Speaker merupakan alat output audio. Fungsinya mengeluarkan suara dari pengolahan data audio yang terjadi di dalam komputer.

  1. 2. SOFTWARE

Perangkat lunak atau software merupakan instruksi yang tersimpan di dalam disk atau CD ROM. Dengan adanya software inilah maka komputer dapat menentukan apap yang harus dikerjakan. Fungsi software adalah sebagai berikut  :

a. Mengidentifikasi program.

b. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien.

c. Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh komputer lebih terkontrol.

Berdasar fungsi tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa perangkat lunak (software)

merupakan penengah antara perangkat keras dengan perangkat lunak yang telah dibuat oleh

pengguna komputer. Secara umum perangkat lunak komputer ( Software ) dapat dibedakan menjadi 4 kelompok yaitu sistem operasi, perangkat lunak bahasa pemrograman, perangkat lunak utiliy dan perangkat lunak program paket.

  1. E. SISTEM OPERASI (OPERATING SISTEM / OS )

Sistem Operasi adalah komponen lunak (software) komputer yang tersusun dari serangkaian program-program yang mengontrol operasi-operasi sebuah komputer. Sistem operasi merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer. Tanpa sistem operasi komputer tidak akan mampu bekerja. Sistem operasi ini dibuat untuk mengendalikan kerja komputer secara mendasar. Di dalam sistem ini tersusun dari serangkaian program-program yang mengontrol serangkaian oparasi dalam komputer.

Berikut ini fungsi utama dari sistem operasi  :

  1. Menyimpan program dan aksesnya.
  2. Membagi tugas di dalam CPU.
  3. Merekam sumber data.
  4. Mengatur memori termasuk menyimpan, menghapus dan mendapatkan data.
  5. Memelihara keamanan sistem khusus pada jaringan yang memerlukan password (kata kunci)
  1. F. JENIS-JENIS SISTEM OPERASI

Sistem Operasi utama yang digunakan komputer sitem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu sebgai berikut  :

  1. Kelompok Microsoft Windows terdiri atas  :
    1. Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x)
    2. Windows 9x (windows 95,98 dan Windows ME)
    3. Windows NT (windows NT 3.x, Windows NT 4.0)
    4. Windows 2000
    5. Windows XP
    6. Windows server 2003
    7. Windows vista
    8. Kelompok UNIX yang menggunakan antarmuka sitem Operasi POSIX, terdiri atas  :
      1. SCO UNIK.
      2. Keluarga BSD (Berkeley Software Distribution)
      3. GNU / Linux
      4. GNU / Hurd
      5. Mac OS.

Adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh.

  1. G. PEMBAGIAN KOMPUTER

Ada beberapa cara untuk menggolongkan komputer. Berdasarkan kegunaannya, komputer dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu:

1. General purpose computer, yaitu komputer yang digunakan secara umum untuk kegiatan sehari hari,  misalnya untuk mengetik dokumen,  menghitung,  membuat  desain grafis, atau mengolah data statistik.

2. Special   purpose   computer,   yaitu   komputer   yang   didesain   untuk   pekerjaan   khusus, contohnya   komputer   yang   digunakan   untuk  mengendalikan  mesin-mesin   di   pabrik. Komputer semacam ini biasanya digunakan untuk menghandle sistem berskala besar.

Pengelompokkan komputer yang kedua adalah pengelompokan berdasarkan kapasitasnya.

Menurut pengelompokkan ini, komputer dibedakan menjadi empat golongan, yaitu:

a. komputer mikro atau personal computer

b. komputer mini

c. komputer mainframe

d. superkomputer.

Di samping kedua pengelompokkan di atas, komputer dapat dikelompokkan berdasarkan jenis sinyal

yang diolahnya.  Menurut pengelompokkan ini,  komputer dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

a. komputer digital (komputer yang bekerja dengan sinyal digital)

b. komputer analog (komputer yang bekerja dengan sinyal analog)

c. komputer hibrid (komputer yang bekerja dengan sinyal digital maupun sinyal analog).

Entry Filed under: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Oktober 2009
S S R K J S M
    Des »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Pos-pos Terbaru

Laman

 
%d blogger menyukai ini: