SEARCH ENGINE DI INTERNET

8 Januari 2010 pkpgsdunsc709

SEARCH ENGINE DI INTERNET

A. MACAM-MACAM SEARH ENGINE.

Dari sekian banyak mesin pencari (search engine), yang paling populer diantaranya, yaitu :

* Google, beralamat di http://www.google.com
* Yahoo, beralamat di http://www.yahoo.com
* AlltheWeb, beralamat di http://www.alltheweb.com
* Excite, beralamat di http://www.excite.com
* Lycos, beralamat di http://www.lycos.com
* Altavista, beralamat di http://www.altavista.com

1. Google (www.google.co.id)

Google merupakan mesin pencari yang cukup terkenal untuk saat ini dan memberikan hasil yang relevan dan sangat cepat. Sejumlah besar informasi di Internet membutuhkan layanan pencarian yang sempurna untuk mengelola informasi. Tidak hanya kecanggihan yang dimiliki Google, tetapi juga layanan komunikasi dengan penggunanya yang mengguanakan bahasa Indonesia, bahkan bahasa Jawa. Sebagai satu sistem yang melayani pengguna dalam melayani informasi diantara miliaran halaman web yang terdapat di Internet, Google menggunakan kombinasi yang unik anatara perangkat keras dan perangkat lunak yang canggih. Kecepatan pencarian yang berbiaya rendah, yang dihubungkan dalam sebuah jaringan kerja untuk membangun sebuah mesin pencari yang super cepat.

2. Yahoo (www.yahoo.com)

Yahoo merupakan situs search engine yang paling kaya fitur. Popularitas Yahoo meningkat dimata para pengguna karena banyaknya fitur yang disediakan. Hal ini disebabkan karena Yahoo memposisikan diri sebagai situs portal di Internet. Meskipun situs ini banyak fitur yang menggiurkan, tetapi kemampuan layanan mesin pencarinya tidak kalah dengan search engine yang lain. Kecepatan dan keakuratannya dapat diadu dengan search engine terkemuka lainnya.

3. All The Web (www.alltheweb.com)

Internet AllTheWeb adalah mesin pencari yang berjaya pada pertengahan tahun 1999. Ini tumbuh keluar dari FTP Search, Tor Egge doktor tesis di Norwegia Universitas Sains dan Teknologi, yang ia mulai pada tahun 1994, yang pada gilirannya mengakibatkan pembentukan Cepat Cari dan Transfer didirikan pada 16 Juli 1997. Itu digunakan terutama sebagai bagian pertunjukan situs untuk FAST perusahaan mesin pencari. Meskipun menyaingi Google dalam ukuran dan teknologi, AllTheWeb tidak pernah menjadi populer.
Ketika AllTheWeb dimulai pada tahun 1999, Cepat Cari dan Transfer bertujuan untuk menyediakan database untuk mesin pencari yang lain, menyalin kasus yang sukses Inktomi. Memang, pada bulan Januari 2000, Lycos digunakan hasil mereka Lycos PRO dalam pencarian. Pada saat itu, para AllTheWeb database Crawler mereka diindeks lebih dari 2 milyar halaman dengan Juni 2002 dan memulai babak baru dari perang ukuran mesin pencari. Sebelum pembelian oleh Yahoo!, database berisi sekitar 3,3 miliar URL. AllTheWeb memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Google, seperti database lebih segar, lebih canggih fitur pencarian, cari clustering dan disesuaikan sepenuhnya terlihat. Pada Februari 2003 Cepat divisi pencarian web dibeli oleh Overture. Bulan Maret 2004 Overture itu sendiri diambil alih oleh Yahoo!. Tak lama setelah Yahoo! akuisisi, di situs AllTheWeb mulai menggunakan Yahoo! database telah berkembang dari 80 juta URL hingga 200 juta. Tujuan mereka adalah untuk mengindeks semua web dapat diakses publik. dan beberapa fitur canggih yang dihapus, seperti FTP pencarian.

4. Excite (www.excite.com)

Excite tetap menjadi pilihan pengguna dalam mencari data di Internet, meskipun situs ini mengalami pasang surut dalam bisnis dot-com. Excite merupakan search engine pelopor dan paling inovasional pada saat pertama kali diperkenalkan. Excite masih layak untuk bersaing dan disebut terbaik di antara search engine lain, karena keakuratan dan kecepatannya dalam menampilkan hasil pencarian.

5. Lycos (www.lycos.com)

Setiap search engine tentu dibuat semenarik dan seakurat mungkin untuk dapat bersaing dan mengejar popularitas di mata pengguna Internet. Lycos sebagai salah satu pelopor mesin pencari, tetap bagus, cepat, dan akurat dalam melakukan pencarian, meskipun banyak situs search engine baru yang baik dan akurat. Hal inilah yang membuat Lycos masih bertahan di jajaran search engine terbaik dunia.
Tampilan Lycos cukup meriah, mengesankan dirinya sebagai situs portal, tidak seperti tampilan search engine lain yang terkesan sederhana. Kotak pencarian terletak di bagian atas halaman, seakan tersembunyi oleh tampilan image dan ikon fitur yang mencolok. Akan tetapi, tidak salah jika fitur-fiturnya dibuat mencolok, karena fitur tersebut sangat bermanfaat dan membantu para penggunanya.

6. Altavista (www.altavista.com)

Para pesaing bisnis di bidang Internet layak memperhitungkan Altavista, khususnya dalam bidang search engine, karena kepopuleran mesin pencari ini dapat disetarakan dengan search engine lain yang lebih lama muncul. Keandalan dan keakuratan hasil yang ditampilkan Altavista menjadikan para pengguna memilih situs ini.
Di balik tampilannya yang sederhana, Altavista menyimpan potensi fungsi pencarian yang mencenangkan. Bahkan, fasilitas penerjemahnya, Babel Fish, merupakan layanan terbaik di kelasnya.

B. MENGGUNAKAN SEARCH ENGINE

Search Engine mempunyai 3 komponen penting. Pertama, elemen yang disebut laba-laba (spider) yang disebut juga dengan crawler. Elemen spider mengajarkan akses ke situs-situs web, membaca isinya dan mengikuti link-link yang terdapat dalam situs.
Setiap informasi yang dijumpai di elemen spider selalu akan ditulis dalam sebuah indeks. Indeks merupakan elemen kedua dari search engine. Indeks mirip dengan buku raksasa berisi salinan (copy) dari setiap situs yang dikunjungi elemen spider. Jika elemen spider menemukan perubahan dari sebuah situs web, maka informasi dari situs web yang terdapat dalam katalog ini akan segera diperbaharui (update). Kadang-kadang diperlukan sebuah penulisan halaman baru sesuai hasil elemen temuan spider pada situs web, sehingga terdapat kemungkinan informasi baru dari sebuah situs web yang telah diakses oleh elemen spider tidak tertulis dalam indeks katalog.
Elemen ketiga dari search engine adalah perangkat lunak (software) search engine itu sendiri. Program inilah yang memilih jutaan data dalam katalog yang berisi salinan halaman-halaman situs web dan mencocokannya sesuai permintaan pengguna internet dan kemudian menampilkan data ke layar monitor dan menyusunnya dalam daftar sesuai dengan peringkatnya.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mencari search engine Google :

* Buka browser Internet Explorer
* Pada kotak Address ketik http://www.google.co.id, kemudian tekan Enter
* Pada kotak search, ketik kata kunci yang ingin dicari, lalu tekan Enter
* Pilih link untuk informasi yang diperlukan dengan mengklik link tersebut

C. MENGELOLA INFORMASI YANG DIPEROLEH

1. Menyimpan Informasi

Kita dapat menyimpan data ke dalam harddisk, disket, atau flash disk. Sehingga tanpa harus terhubung dengan internet (offline), kita dapat membukanya.

Adapun cara-cara menyimpan halaman web tersebut :

* Aktifkan web browser pada halaman yang kita sukai
* Setelah tampilan muncul secara utuh, klik File pada pull-down menu, dan pilih Save As
* Selanjutnya akan muncul kotak dialog Save Web Page, tentukan dimana file tersebut akan disimpan, dan juga nama file-nya
* Pilih tombol Save untuk melakukan penyimpanan

Terdapat berbagai jenis penyimpanan yang disediakan, yaitu sebagai berikut :

* Web Page Complete (*.htm,*html), Fasilitas ini digunakan untuk menyimpan halaman web secara lengkap.
* Web Archive, Single File (*.mht), Fasilitas ini digunakan untuk menyimpan halaman web secara lengkap dalam satu kesatuan file dengan extension *.mht. File html, gambar, dan animasi disimpan dalam satu file tersebut.
* Web Page, HTML Only (*.htm,*.html), Fasilitas ini digunakan untuk menyimpan file html. Sedangkan, file pendukung, seperti gambar-gambar beserta animasi tidak ikut disimpan.

2. Mencetak informasi

Langkah-langkah mencetak file sebagai berikut :

* Klik menu File
* Klik Print, akan muncul kotak dialog Print
* Selanjutnya, pilih jenis printer kemudian klik Print

D. DOWNLOAD FILE

Download adalah menyalin data dari server secara remote (mengambil file atau mentransfer file dari satu komputer ke komputer lainnya). Banyak program khusus untuk menangani kegiatan download file dari internet. Misalnya, Download Accelerator Plus (DAP), Getright, Free Download Manager, dan lainnya.

Langkah-langkah untuk melakukan download, yaitu :

* Buka Browser, pilih satu topik
* Klik Download
* Secara otomatis akan muncul jendela konfirmasi untuk melakukan Download terhadap file tersebut
* Klik tombol Save untuk mulai mendownload informasi. Ketika muncul jendela Save As tentukan folder penyimpanan
* Ketika muncul jendela progress download, tunggu beberapa saat sampai proses selesai

Entry Filed under: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Januari 2010
S S R K J S M
« Des    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Pos-pos Terbaru

Laman

 
%d blogger menyukai ini: